Prosedur Mengurus STNK Hilang di SAMSAT Jakarta Timur


SAMSAT Jakarta TimurAssalamualaikum, hi teman dsini ane mau menuliskan pengalaman ane bagaimana Prosedur Mengurus STNK Hilang dan pengurusan ini berada di SAMSAT Jakarta Timur. Alamat lengkapnya SAMSAT Jakarta Timur adalah Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur, Jl. D.I. Panjaitan Kav. 55, Jatinegara, Jakarta Timur 13410 Telp. (021) 8199849-52, 8199854, nah bagi teman-teman yang punya GPS silahkan masukkan kordinatnya -6.229504,106.87688.

Syarat-syarat yang perlu teman-teman siapkan dari rumah adalah :

  • Surat keterangan hilang dari polsek dmana teman berdomisili.
  • BPKB dan  1 lembar fotocopy nya jangan lupa jg ya.
  • KTP atas nama STNK yang hilang dan fotocopy nya 1 lembar.

Udah itu aja persyaratan yang teman wajib bawa dari rumah, untuk fotocopy bisa jg fotocopy di sekitar samsat jakarta timur. Untuk Prosedur Mengurus STNK Hilang bisa teman lihat di bawah ini :

  1. Cek fisik, silahkan teman-teman bawa kendaraan bermotor ke tempat cek fisik terlebih dahulu, setelah selesai cek fisik silahkan isi formulir cek fisik dan menuju loket tempat pengesahan cek fisik dan ambil berkasnya, dan kita menuju gedung SAMSAT Jakarta Timur di sebelah tempat cek fisik.
  2. Langsung menuju lantai 2 loket 2/invoice untuk meminta formulir dan isi formulir tersebut disesuaikan dengan data yang ada di BPKB kendaraan teman-teman.
  3. Setelah mengisi formulir silahkan teman-teman menuju lantai 4 bagian SKP dan bayar biaya administrasi sebesar Rp. 5.000;
  4. Selesai pembayaran SKP di lantai 4, silahkan teman-teman menuju loket 6 / komputer khusus yang ada dilantai 2 tunggu pengesahan dari loket 6.
  5. Kemudian setelah menerima pengesahan dari loket 6, kita menuju ke gedung arsip untuk menyesuaikan data kendaraan bermotor. Di gedung arsip ini kita di kenakan biaya Rp.10.000;
  6. Selanjutnya setelah dapat stempel dari gedung arsip kita meuju kembali ke lantai 2 loket 7 / TU/Pembukuan/Blokir di tempat ini tidak dikenakan biaya.
  7. Dari loket 7 kita menuju loket 8 /BA STNK Hilang di loket ini kita dikenakan biaya Rp.20.000; dan lama pengurusan tergantung saat berkas di masukkan, saat berkas di masukkan sebelum jam 12 maka selesai hari itu juga, apabila berkas dimasukkan setelah jam 12 siang maka kita ambil berkas keesokan harinya.
  8. Setelah kita terima berkas dari loket 8 kita menuju ke loket 1 lantai 2 bagian pendaftaran, masukkan berkas yang kita bawa dan tunggu panggilan, saat sudah di panggil kita dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.35.000; lama waktu pengurusan pendaftaran ini kuran lebih 2 hari.
  9. Setelah dari loket 1 bagian pendaftaran kita disuruh menuju ke loket 2 bagian invoice, tunggu panggilan dan kita akan mendapatkan bukti pembayaran biaya administrasi, dan tunggu panggilan dari kasir sambil membawa bukti pembayaran, untuk STNK hilang dan pajak jatuh tempo masih lama kita hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000; untuk STNK Hilang dan pajak telah jatuh tempo dikenakan biaya Rp. 50.000; + biaya pajak  kendaraan bermotor tahunan.
  10. Setelah selesai melakukan pembayaran di kasir kita menunggu nama kita di panggil di loket pengambilan STNK.

Nah simple kan teman-teman Prosedur Mengurus STNK Hilang di SAMSAT Jakarta Timur, hindari calo ya, total pembayaran yang ane bayarkan Rp.130.000; saja, karena pajak motor ane masih jauh jatuh temponya. Total biaya yang ane tulis ini berlaku pada Februari 2013. Semoga membantu teman-teman yah apa yang saya sampaikan ini tentang Prosedur Mengurus STNK Hilang di SAMSAT Jakarta Timur.

Advertisements

46 thoughts on “Prosedur Mengurus STNK Hilang di SAMSAT Jakarta Timur

  1. Pingback: Alamat Samsat Jakarta Selatan « Berbagi Informasi

    • untuk proses dan terima STNK saya kemarin cmn 3-4 hari, senin proses kehilangan STNK di polsek, selasa proses ke samsat dan kamis ngambil STNK… yang penting datang pagi dan siapkan berkas, insya Allah cepat selesai… semoga infonya bermanfaat

  2. Ada yg tau ga pajak u/ Datsun pick up th 73 brp?STNK hilang sejak thn 2000,pasti pajaknya mati lebih dr 13th. Kira2 abis brp ya??Kl pemutihan gmn syarat & kapan ya? Thx

    • wah maaf bro saya blm pengalaman kalo ngurus kendaraan kantor umum, cb aja dulu dtng bro ke samsatnya dan tanya aja persyaratannya yang perlu di gunakan untuk kendaraan kantor… kalo plat merah pengalamn bpk saya pakai identitas pemakai kendaraan dinas tsb, kalo kendaraan kantor umum blm ada pengalaman… thanks semoga membantu…

  3. mohon info untuk prosedur pembayaran pajak kendaraan wilayah bekasi, tapi KTP yang tertera di stnk sudah pindah ke wilayah jakarta timur. terima kasih

    • trimakasih sdh mampir, untuk prosedur pembayaran secara lengkap saya kurang paham kalo daerah bekasi, tp mekanismenya sama dsemua samsat berbedanya cmn diurut2an prosesnya aja, apabila ktp sdh pindah nama pengalaman saya kalo masih ada kartu keluarga yang mencantumkan nama anda di Kartu keluarga yang di bekasi, tinggal minta surat keterangan dari kelurahan untuk proses pembayarn STNK, biasanya sih bisa… trimakasih

  4. Itu bukannya kita harus ngurusnya ke samsat pusat ya yg di daerah jakarta barat itu ? atau memang harus di samsat polres terdekat ? mohon infonya , nb: ane tinggal daerah Jakarta Barat

    • Simpan aja yang lama bro, karena yang baru sudah terdaftar di database samsat, takutnya nanti pas ada razia stnk kena tilang, yah sebagai keamanan aja bro…

    • kalo mobil ane blm pernah bro, tp prosedurnya kemungkinan kurang lebih seperti motor yang stnk nya hilang, silahkan dibaca lagi bro yang ane tulis…. jangan takut ribet karena setahu ane gk ribet kok… cmn kebanyakan orng khan malas ngurusnya hehe thanks

  5. mantap nih infonya , krn gue baru kelhilangan stnk , baru sadar udh kg ada di dompet, tapi habisnya berlakunya baru bulan 12, apa sekalian perpanjang stnk aja ya ?

  6. sory gan mau nanya …..stnk hilang trus bpkb kita lagi di sekolahin itu prosesnya gmn? emngnya harus kepolda dulu nya untuk pengesaha bpkbnya

    • hmm sepertinya kebijakan samsat aja, kalo saya kemarin gk perlu buat iklan cukup surat keterangan dari polres aja… di coba aja bro ntar kalo emang minta iklan ya di buat aja iklannya, terimakasih…

    • untuk lebih jelasnya tanyakan ke samsat langsung seperti apa prosedurnya, mungkin nanti bisa minta copy salinan atau surat keterangan dr bank… terimakasih

  7. Mau tanya, smua dokumen yg d dopet hilang, ktp,sim,atm,stnk jg hilang. Gmn solusinya mas? Krn tdk ada ktp asli?? Trims

  8. Pingback: prosedur kredit motorCek Apa | Cek Apa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s