Kabel Dicuri Internet Smartfren dan Speedy Terganggu


kabel dicuriKemarin sempat baca-baca di forum kaskus banyak banget yang komplain tentang akses internet smartfren dan speedy kok pada lelet dan error. Gak sengaja hari ini baca berita dikompas bahwa kabel bawah laut telekomunikasi sering menjadi incara pencuri untuk dijual ke pedagang besi tua… haha ciri khas indonesia banget bukan… rame-rame dan koar-koar sampe demo segala nuntut memikirkan rakyat yang menderita, lah yg bikin menderita juga rakyat sendiri, senjata makan tuan deh…

Berikut ini petikan beritanya : “Kabel bawah laut sering menjadi incaran pencuri untuk dijual kembali ke pedagang besi tua. Selain merugikan perusahaan pemilik kabel bawah laut, hal ini juga berdampak pada jaringan telekomunikasi Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sering menerima laporan dari aparat penegak hukum tentang pencurian kabel bawah laut. Namun, Kemenkominfo tak punya data pasti pencurian kabel bawah laut.

Chairman Internet Data Center (IDC) Indonesia, Johar Alam Rangkuti, berpendapat, jika terlalu banyak kabel bawah laut yang dicuri, hal ini akan jadi masalah dan mengganggu, apalagi banyak aksi pencurian kabel bawah laut yang tidak ketahuan.

Ia berkisah, pada 4 Maret 2013, terjadi pencurian kabel serat optik di perairan antara Pulau Bangka dan Batam. “Totalnya sekitar 16 ton, sudah dipotong-potong dan dimasukkan ke truk,” ujarnya. Aksi pencurian ini berhasil ditangkap oleh Kepolisian Bangka.

Jika ada kabel bawah laut yang terputus, perusahaan pemilik jaringan butuh waktu beberapa hari untuk memperbaikinya karena mereka harus menyewa kapal laut dan tim teknisi khusus. Dampak dari kabel yang putus juga besar, sebuah layanan akan terganggu dan operator telekomunikasi harus mengambil langkah mencari rute telekomunikasi alternatif.

Kabel-kabel itulah yang menghubungkan jaringan telekomunikasi Indonesia ke jaringan luar negeri, termasuk internet, agar pelanggan bisa mengakses konten internasional yang server-nya ditempatkan di luar negeri.

Menurut Head of Corporate Communications & Affair Telkom Slamet Riyadi, kabel serat optik tidak terlalu menjadi incaran pencuri karena kabel ini terbuat dari kaca atau plastik. “Yang paling sering dicuri adalah kabel tembaga karena nilainya lebih tinggi dibandingkan serat optik,” jelas Slamet saat dihubungi KompasTekno, Selasa (26/3/2013).

Ada banyak sekali sistem kabel bawah laut di perairan Indonesia, tetapi kebanyakan dimiliki pemain global. Telkom sendiri memiliki jaringan kabel serat optik bernama Jasuka.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S Dewa Broto, mengatakan, kasus pencurian kabel bawah laut menjadi tanggung jawab kepolisian setempat. Jika pencurian terjadi di Pulau Bangka, kepolisian setempatlah yang harus menangani kasus ini.” Inspirasi http://tekno.kompas.com/read/2013/03/27/09324795/Duh.Kabel.Internet.Indonesia.Sering.Dicuri.untuk.Besi.Tua

Haduh gmana ya pola pikir pencuri kabel tersebut, udah tahu itu kabel untuk kepentingan bersama ehh kok malah dicuri buat dijual lagi ke pedagang besi tua. Dimana rasa yang menjujung kepentingan umum diutamakan di atas kepentingan pribadi. ehh ini malah kepentingan perut di atas kepentingan orang banyak yang di dahulukan.

Bagaimana indonesia bisa maju kalo orang-orangnya berpola pikir seperti ini. Melihat contoh kasus diatas berapa banyak orang dirugikan oelh hal tersebut, pengguna internet tidak hanya orang-rang yang mencari kesenangan tapi juga orang-orang yang mencari manfaat dan mencari duit dari internet.

Daripada menggerutu yuk mari teman-teman memulai hal-hal kecil yang menjunjung kepentingan umum di utamakan atas kepentingan pribadi, seperti parkirlah di tempat parkir jangan dijalan yang dapat mengganggu para pemakai jalan yang lewat dan menyebabkan macet,  mari kita mulai dari diri sendiri, keluarga kita, teman-teman kita dan lingkungan masyarakat di seputar kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s